Corel tidak bisa save
Laptop

Corel Tidak Bisa Save

Bagi kamu yang mengalami masalah dimana Corel Draw misalnya Corel Draw X7 tidak bisa save, tenang dulu. Ada solusinya kok, dan mudah banget untuk cara mengatasi error corel tidak bisa menyimpan file atau export file.

Masalah seperti ini sebenernya tidak akan terjadi kalau yang kamu gunakan itu Corel Draw versi original alias lisensi resmi yang kamu beli dari website official Corel. Tapi jika yang kamu pakai itu Corel yang versi crack, maka sudah pasti kadang akan terjadi error tersebut.

Karena corel tidak bisa save itu dikarenakan file lisensinya yang expired, error ya intinya begitu lah, hehe. Bagi kamu yang ada uang lebih dan memang bekerja di bidang desain, sangat disarankan untuk membeli lisensi resminya saja, biar lebih afdol. Tapi kalau kamu yang mungkin masih sekolah dan belum punya dana lebih, bisa pakai cara ini dulu.

Tidak bisa save disini bukan maksudnya file tidak tersimpan padahal kamu sudah klik tombol save. Tapi errornya yaitu tombol savenya sama sekali tidak ada, atau tertutup (disabled) biasanya berwarna abu-abu gitu.

Selain save, biasanya tombol print dan export juga akan demikian, tidak bisa digunakan. Jadi bakal sayang banget kalau file design yang sudah kamu buat tidak bisa tersimpan.

Mengatasi Corel Draw X7 Tidak Bisa Save, Export dan Print

Ada 3 cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi error ini. Dan cara ini Bisa juga sebenernya untuk corel Draw X6 dan X5.

Download File PSIKEY_2.dll

Download dulu file cracknya yakni (PSIKEY_2.DLL), bisa lewat link download dibawah ini:

https://drive.google.com/file/d/1LjjTAoycJhcm-fl_V9cVWSOLFmZ4H-8f/view?usp=sharing
  1. Copy link diatas dan unduh file.
  2. Setelah terdownload, silakan nonaktifkan dulu jaringan internet di laptop atau PC kamu.
  3. Ekstrak file cracknya dan copy paste file yang ada ke dalam folder:
C:\Program Files\ Common Files\Files\Protexis\License Service.
  1. Nantinya akan muncul pemberitahuan, pilih saja “replace“.
  2. Setelah itu buka menu windows dengan menekan tombol windows pada keyboard.
  3. Ketikkan “service.msc” (tanpa tanda petik).
  4. Disitu kamu bisa cek, bagian protexis licensing V2, kalau sudah started, maka sudah berhasil.

Ada juga beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi error tidak bisa save pada corel agar tidak terjadi lagi, yakni block firewall dan ubah pengaturan waktu di laptop atau PC.

Block Firewall Windows

  1. Buka Control Panel Windows.
  2. Pilih System and security, pilih Windows firewall.
  3. Klik bagian advanced settings.
  4. Klik Outbond rules, lalu pilih new rules, pilih program dan next.
  5. Silakan klik browse dan cari file aplikasi corel, biasanya di:
Local Disk (C:) > Program Files (x86) > Corel > CorelDRAW Graphics Suite X6/ X7/ X8

Setelah itu klik Next, lalu pilih “Blocked connection”.

corel draw x7 x6 x5 tidak bisa save

Itu artinya, kamu akan memblokir koneksi internet terhadap aplikasi itu (corel draw).

Sebenernya cara ini sama saja dengan kamu mematikan koneksi laptop, bedanya, Kalau dengan cara ini kamu tetap bisa bebas internetan dan memakai corel bersamaan meski sedang connect internet. Karena meskipun internet nyala, corel sudah di blokir agar tidak bisa menggunakan internet.

Dan untuk aplikasi lain seperti Chrome, tetap bisa menggunakan internet.

Kalau tanpa cara tersebut, ya kamu harus mematikan koneksi internet di laptop, agar corel benar-benar tidak terhubung ke internet sehingga tidak terdeteksi software crack, dan cara ini ribet karena otomatis aplikasi lain ya tidak bisa konek.

Ubah Settingan Tanggal

Selain pakai crack, sebenernya ada cara lain juga yakni dengan memundurkan tanggal, jadi nanti corel draw yang tidak bisa save bisa normal kembali.

Tapi cara ini sudah pasti sangat tidak efektif, karena bagaimanapun waktu di laptop atau PC juga penting kan? Tapi kalau mau coba, silakan, begini caranya:

  1. Tekan tombol windows, lalu cari “date“.
  2. Silakan buka menu date and time settings.
mengatasi corel draw tidak bisa save file
  1. Atur sesuai keinginan, pastikan jangan aktifkan “set time automatically” agar waktu bisa menyesuaikan pengaturan kamu.
  2. Kamu tinggal mundurkan tanggal sampai kapan ya terserah saja, sesuaikan kapan corel normal, kalau pas 2 minggu yang lalu normal, ya mundurkan ke 2 minggu yang lalu, dan seterusnya.

Selesai, mudah sekali bukan?.

Baca Juga: Cara Mengganti Background Foto Secara Online

Bagaimana Caranya supaya tidak mengalami error? Beli lisensi! Atau jangan pernah nyalakan koneksi internet ketika lagi desain pakai aplikasi corel draw, karena kalau online, sudah pasti aplikasimu akan terpantau oleh pihak corel sehingga mereka bisa detect masalah lisensi ini. Gunakan pas offline aja.

Itulah beberapa cara mengatasi error Corel Draw Tidak bisa save atau menyimpan file, export dan print karena tombol tidak aktif, semoga membantu dan kalau bermanfaat, jangan lupa bagikan postingan ini ya.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *